Hibah P2M UNIKOM : SEARCH ENGINE MARKETING “DULUR” PADA TIKTOK SHOP UNTUK MENJADI ENTREPREUNEUR

Menjadi seorang Entrepreuneur merupakan salah satu solusi bagi pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian melalui pengurangan pengangguran karena mampu memberikan kontribusi dalam pendapatan negara dan menciptakan lapangan kerja bagi jutaan masyarakat Indonesia. Seorang entrepreuneur harus memiliki jiwa yang mampu menangani resiko, menjadi sumber inovasi dan kreatifitas, mampu beradaptasi dengan cepat terhadap dinamika pasar, serta memajukan ekonomi Digital Indonesia, salah satu mahasiswa pada Program Studi Akuntansi pada Tahun 2023 memperoleh Hibah Dari Kementerian Riset Pendidikan dan Kebudayaan, menghasilkan luaran berupa minuman bernama “DULUR”, dalam bahasa Sunda berarti kerabat atau keluarga, dengan harapan minuman DULUR dapat melindungi konsumen dari berbagai macam penyakit seperti halnya kerbat/keluarga yang selalu peduli akan kesehatan anggota keluarganya.

Produk DULUR ini memiliki kendala terkait pemasarannya karena setelah Program Hibah bernama Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2023 Berakhir, produk belum optimal terpasarkan dengan baik melalui media digital, penyebabnya durasi hibah yang teramat singkat, untuk melanjutkannya agar produk dapat terkenal di masyarakat dan mahasiswa yang ikut serta program kreativitas tersebut menjadi entrepreuneur, maka perlu adanya keberlanjutan melalui hibah internal unikom untuk Memasarkan DULUR dengan Search Engine Marketing pada Tiktok shop melalui Program Pengembangan Kewirausahaan yang merupaan Program Hibah dari P2M UNIKOM, dengan diperolehnya Hibah tersebut di Tahun 2024 yang diketuai oleh Dr. Ely Suhayati SE.,M.Si.,Ak.,CA.,CFA dari Program Studi Akuntansi dengan Anggota Fakhrian Fadlia Adiwijaya M.Kom dari Program Studi Teknik Informatika dan Risa Rismawati yang merupakan mahasiswa akuntansi yang mendapatkan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2023. Hibah ini  diharapkan mampu menghasilkan seorang entrepreuneur sesuai dengan visi dari Universitas Komputer Indonesia, Lokasi UMKM di Kp. Cibaliung Mekarmulya, Talegong, Garut sering kali menghadapi tantangan dalam hal pemasaran, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk DULUR.

Penggunaan teknologi Search Engine Marketing dan TikTok Shop memiliki relasi yang signifikan dalam mengembangkan usaha dan membantu seseorang menjadi entrepreneur yang baik. Iklan Search Engine Marketing dirancang untuk menarik pengguna yang sudah menunjukkan minat terhadap produk atau layanan yang dibuat, sehingga Traffic yang dihasilkan cenderung berkualitas dan memiliki konversi yang lebih tinggi, entrepreneur juga dapat membuat konten kreatif dan menarik untuk mempromosikan produk mereka, yang dapat meningkatkan Brand Awareness dan Engagement menggunakan TikTok Shop. Dengan menggabungkan Search Engine Marketing dan TikTok Shop, entrepreneur dapat menjangkau audiens yang lebih luas melalui berbagai kanal pemasaran. Search Engine Marketing membawa Traffic dari pencarian aktif, sementara TikTok Shop menarik pengguna melalui konten yang menarik dan viral. Kedua platform memungkinkan penargetan audiens yang spesifik dan relevan, sehingga entrepreneur dapat memastikan bahwa iklan mereka dilihat oleh orang yang paling mungkin tertarik dan melakukan pembelian, seperti yang sudah dilakukan oleh mitra pada pelatihan search engine marketing pada Tiktok Shop di tanggal 12 September 2024.

Dari Analsis yang dilakukan atas grafik performa dan grafik fluktuasi tersebut diatas, terjadi peningkatan engagement pada konten yang diunggah di TikTok Shop, walaupun dari peningkatan engagement tersebut belum ada pesanan baru yang terjadi di platform tersebut, artinya Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil memberikan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan pemasaran digital bagi pelaku UMKM di Kp. Cibaliung, Mekarmulya, Talegong, Garut. Dengan sosialisasi dan pelatihan yang meliputi teori Serach Engine Marketing serta penggunaan TikTok Shop, peserta kini memiliki pemahaman lebih baik tentang strategi pemasaran online yang relevan dan berdaya guna untuk memperluas jangkauan pasar produk mereka, terutama untuk minuman kesehatan “DULUR”.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Bapak Rektor Universitas Komputer Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soryanto Soegoto, MT atas didanainya Hibah tersebut dan juga kepada Ketua Divisi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat DP2M Universitas Komputer Indonesia yaitu Ibu Dr. Tatik Fidowaty S.IP.,M.Si serta Tim Reviewer Ibu Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati Dra..,SE.,M.Si

Berita Lainnya

oplus_2
Pengenalan Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKOM
Pengenalan Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang...
oplus_2
SIDANG TERBUKA SENAT UNIKOM DALAM RANGKA DIES NATALIS UNIKOM KE -24 DAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2024-2025
Civitas Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKOM mengucapkan...
WhatsApp Image 2024-09-25 at 13.37
SELAMAT DAN SUKSES ATAS PELANTIKAN PROF. DR. IR. EDDY SOERYANTO SOEGOTO, MT
Kami keluarga Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengucapkan...
WhatsApp Image 2024-08-16 at 11.03
Fakultas Ekonomi dan Bisnis berpartisipasi dalam rangka perayaan Hut RI ke 79
Universitas Komputer Indonesia mengadakan Acara Jalan Sehat...
PKM Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama PT. POS
Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan Kegiatan...
WhatsApp Image 2024-03-30 at 10.11
WORKSHOP REVIEW KURIKULUM BERSAMA TENAGA AHLI DARI AUSTRALIA VOLUNTEER INDONESIA
Direktorat Publikasi Internasional bekerjasama dengan Fakultas...